Information

Ulasan Laptop MSI GL63 8RC (i5-8300H, GTX 1050)

Luar biasa untuk harganya. Dengan hanya $900, entry-level MSI GL63 mampu memainkan sebagian besar jika tidak semua judul modern pada 1080p dengan beberapa pengaturan tweak untuk frame rate yang lebih halus. Pengeras suara stereo sangat baik dan kebisingan kipas relatif rendah untuk mesin game yang murah. Jika Anda menginginkan laptop gaming yang murah dan kuat inilah jawabannya. Sebuah good gaming laptop under $1500 ini punya yang anda inginkan

Ambil beberapa langkah turun dari seri MSI GT atau GE andalan dan Anda akan menemukan diri Anda di segmen game entry-level yang dihuni oleh seri GL, GP, dan GF. Unit uji kami hari ini adalah GL63 yang terjangkau yang secara langsung berhasil GL62M dan GL62 tahun lalu. Penyegaran membawa penyesuaian visual dan internal kecil serta lompatan yang sangat penting dari seri Intel Core ix generasi ke-7 ke gen ke-8 Coffee Lake-H saat ini.

SKU GL63 saat ini dapat dikonfigurasi dengan CPU Core i5-8300H atau i7-8750H, layar 1080p IPS atau 120 Hz / 3 ms, dan GPU GTX 1050 atau GTX 1050 Ti. Pilihan penyimpanan beragam karena slot penyimpanan internal ganda. Unit pengujian khusus kami adalah konfigurasi ujung bawah dengan Core i5-8300H, GTX 1050, 8 GB RAM DDR4 kanal tunggal, dan SSD SATA III M.2 256 GB 256GB untuk harga eceran sekitar $ 800 hingga $ 900 USD. Sistem MSI bersaing secara langsung dengan notebook gaming murah lainnya seperti Dell Inspiron 15 7577, Gigabyte Saber 15, HP Pavilion Power, Lenovo Legion Y520, dan seri Asus GL yang serupa.

MSI GL63 8RC ulasan

Case atau Sasis

Sasis berbeda secara visual dari GP62 dengan tanda aksen yang lebih baru, lebih banyak warna merah, dan perubahan dangkal lainnya. Perubahan terbesar adalah pelepasan drive optik untuk memberikan ruang bagi ventilasi tambahan untuk meningkatkan karakteristik pendinginan.

Selain perubahan yang disebutkan di atas, GL63 masih terasa mirip dengan GL62 dan GL62M. Basis plastik tahan terhadap tikungan dan depresi dengan hampir tidak ada kerutan sementara tutupnya lebih lemah dan lebih rentan terhadap lengkungan terutama di bagian tengahnya. Engsel kecil memadai dan seragam hingga maksimum 150 derajat. Salah satu kelemahan utama sasis adalah bahwa pelumas dan sidik jari sulit dibersihkan dan sangat mudah dilihat. Mungkin pendekatan yang disikat dari aluminium atau karet akan menjadi pilihan yang lebih baik untuk membuat sistem terlihat baru lebih lama.

Dimensi persis sama dengan GL62M dan GL62 meskipun GL63 memperkenalkan banyak perubahan visual. Meskipun demikian, model yang lebih baru sebenarnya sedikit lebih ringan kali ini sekitar 200 gram. Dell G5 15 yang baru secara signifikan lebih berat sekitar 700 g karena basis dan materialnya yang lebih kaku.

Konektivitas

Semua port dari GL62 telah dibawa ke GL63 dengan beberapa pengaturan ulang kecil. Perhatikan bahwa port di tepi kiri sekarang lebih padat karena kisi-kisi ventilasi baru. Beberapa laptop gaming tingkat pemula seperti Dell Inspiron 7577 mulai dikirimkan dengan Thunderbolt 3 agar lebih kompetitif.

Pembaca kartu pegas menawarkan kecepatan transfer yang sangat lambat hanya di bawah 22 MB / s dengan kartu uji UHS-II kami. Mentransfer gambar 1 GB dari kartu ke desktop membutuhkan lebih dari 60 detik dibandingkan dengan hanya 8 detik pada XPS 15.

Kartu SD yang dimasukkan sepenuhnya akan menonjol sekitar setengah sentimeter. Kami merekomendasikan mengeluarkan kartu sebelum mengangkut untuk menghindari menekuk atau retak.

Komunikasi

WLAN dan Bluetooth 5 disediakan oleh modul Intel 9462 M.2 yang baru dan murah. Kartu 1×1 menawarkan kecepatan transfer maksimum hanya 433 Mbps dibandingkan dengan 867 Mbps atau 1,73 Gbps pada sebagian besar Ultrabooks dan notebook gaming pricier. Meskipun kami tidak mengalami masalah ketika terhubung ke jaringan 802.11ac, sistem kami akan selalu memutuskan sambungan dari jaringan 802.11n. Kami tidak yakin apakah ini merupakan masalah luas atau sesuatu yang unik untuk unit pengujian khusus kami, tetapi tetap perlu disebutkan.

Keyboard dan Touchpad

Keyboard (34,5 x 10,5 cm) dan trackpad (~ 11,0 x 6,3 cm) terasa identik dengan yang ada di GL62 dan GL62M. Karena itu, kami merujuk pada dua ulasan kami yang ada untuk informasi lebih lanjut. Pengguna dapat mengharapkan umpan balik yang memuaskan dari tombol QWERTY utama sementara tombol NumPad sayangnya agak spongier karena masing-masing tombol lebih kecil. Kunci tidak sekencang pada seri MSI GT karena pangkalan di bawah tombol GL63 sedikit lebih tipis dan tidak kokoh.

Trackpad yang sepenuhnya mulus menawarkan luncuran seragam untuk kontrol kursor yang andal dan gerakan multi-sentuh. Kami menduga bahwa tombol klik kiri khusus pada unit kami rusak karena umpan baliknya sangat kenyal dibandingkan dengan tombol klik kanan yang lebih kencang dan lebih terdengar.

Tampilan

Seri GL terbatas hanya untuk opsi 1080p sedangkan model MSI kelas atas mungkin memiliki opsi 4K UHD. Layar IPS 1080p pada konfigurasi GL63 kami menawarkan tingkat kontras yang sangat baik dan tingkat kecerahan yang sebanding dengan pesaing. Kualitas tampilan sangat mirip dengan Gigabyte Saber 15G dan Dell G5 15 baru karena kedua pesaing juga menggunakan panel LP156WF6 yang sangat mirip dari LG Philips.

Subyektif, layar matte bersih dan segar dengan hampir tidak ada butiran yang terlihat. Cahaya latar berdarah di sekitar tepi dan sudut kecil dan mudah diabaikan selama pemutaran video atau saat bermain game.

Performa

Sama seperti bagaimana i5-7300HQ adalah CPU pilihan untuk laptop gaming yang terjangkau di masa lalu, berharap untuk melihat i5-8300H pada laptop entry-level yang lebih maju. Perbedaan terbesar antara itu dan pendahulunya Kaby Lake adalah bahwa CPU sekarang mendukung Hyper-Threading untuk 8 thread simultan. Performa sangat mirip dengan Core i7-7700HQ generasi terakhir sebagai hasil langsung.

Nvidia Optimus disertakan secara default tanpa opsi untuk G-Sync. RAM dapat ditingkatkan hingga 32 GB di dua slot SODIMM.

Prosesor

Core I5-8300H di MSI berkinerja seperti yang kami harapkan karena skor CineBench hampir cocok dengan notebook lain dengan prosesor yang sama. Performanya sekitar 10 persen dan 20 lebih cepat daripada i7-7700HQ dan i7-6700HQ yang umum, masing-masing, ditemukan pada kebanyakan laptop gaming generasi terakhir. Pengguna yang memilih untuk SKU GL63 i7-8750H akan mendapatkan peningkatan kinerja kasar 30 persen dalam beban kerja multi-utas.

Menjalankan CineBench R15 Multi-Thread dalam satu putaran menghasilkan skor yang sangat stabil dari awal hingga akhir untuk menunjukkan kinerja Turbo Boost yang stabil. Sebaliknya, alternatif super-tipis seperti Razer Blade 15 atau GS65 biasanya melambatkan CPU mereka untuk menjaga suhu tetap terjaga.